Responsive Banner design
Home » » Cara Optimasi SEO Web

Cara Optimasi SEO Web

Cara Optimasi Website, kami melihat bahwa banyak sekali kata kunci/keyword di statistik blogger, google analytics, webmaster tools (bing dan google), histats, dan sebagainya, ditulis oleh pembaca blog ini di halaman penelusuran atau pencarian.Setelah kami selidiki, ternyata banyak diantara mereka yang merupakan pemilik bisnis online, toko online, jasa online, dan sebagainya. Para pengunjung tersebut searching di internet mencari informasi tentang seputar cara meningkatkan/menaikkan trafik pengunjung atau visitor untuk website mereka.
Akhirnya kami timbul ide untuk berbagi tips/trik tentang informasi yang mereka cari. Yaitu tentang optimasi SEO (search engine optimization) khusus untuk bisnis online dan sejenisnya, berdasarkan pengalaman kami dalam seo. Namun ini juga boleh diterapkan di website selain bisnis online juga.
cara-optimasi-website
cara-optimasi-website
Cara optimasi SEO untuk Website Bisnis Online tidak sama dengan cara optimasi website atau blog biasa. Mengapa? Karena website bisnis online jarang update, tidak seperti blog biasa. Artikel bisnis online tidak sebanyak artikel milik website biasa. Sehingga hal ini yang membuat cara optimasi seo berbeda.
Prinsip Dasar Cara Optimasi SEO Website atau Pedoman Dasar Cara Optimasi SEO untuk website toko online yang harus kita ketahui.

Pedoman Dasar Cara Optimasi SEO Untuk Website Bisnis Online

I. Cara Optimasi SEO Website OnPage (OnPage SEO)
Seo onpage adalah serangkaian teknik dengan memanfaatkan algoritma mesin pencari untuk mengoptimasi website tertentu tanpa bantuan website lain. Misalnya, penggunaan garis tebal, garis miring, link internal (artikel tekait dsb), pewarnaan huruf, meta tag, deskripsi penelusuran, dan sebagainya.
Optimasi seo onpage ini tidak ada keterkaitan sama sekali dengan website lain, kecuali hanya merekayasa website itu sendiri agar bisa menarik perhatian search engine atau mesin pencari. Tujuannya agar artikelnya mudah ditemukan oleh pengguna/visitor.

Cara Optimasi SEO Website SEO OffPage (OffPage SEO)

Apa yang di maksud cara optimasi website SEO Offpage?…Seo offpage merupakan serangkaian teknik optimasi SEO dengan memanfaatkan algoritma mesin pencari untuk mengoptimasi website tertentu dengan bantuan website lain (BackLink).
Cara optimasi website untuk bisnis online harus memperkuat teknik seo offpage ini agar tidak kalah dalam kompetisi di SERP google, maupun bing dan yahoo.
Metode Cara Optimasi Website SEO onpage ini mengacu pada teknologi pagerank google.
Bagaimana cara optimasi website dengan prinsip teknologi PageRank Google?
  1. Prinsip pagerank adalah; semakin banyak link yang mengarah ke website kita, maka peringkat blog kita akan naik di google search.
  2. Jika ada sebuah website berkualitas yang mengarahkan link-nya ke website kita, maka akan lebih baik daripada link yang berasal dari 100 website yang biasa-biasa saja. Teknik SEO Offpage inilah yang benar-benar berpedoman dengan teknologi pagerank google.
Teknik Backlink untuk cara optimasi website seperti apa yang diakui google?
Backlink yang diakui google adalah backlink alami, bukan backlink buatan. Backlink alami contohnya adalah link yang ada di halaman postingan blog lain yang mengarah ke salah satu halaman postingan blog anda. Bukan mengarah ke halaman Home blog anda. Karena link yang menuju ke halaman postingan akan menunjukkan bahwa artikel anda adalah artikel penting dan berkualitas.
Backlink yang tidak diakui google adalah link yang mengarah dari kolom komentar, sidebar blog atau template (tukeran link dkk), dan tempat-tempat lain sejenisnya. Hal itu sama sekali tidak menunjukkan bahwa artikel anda adalah artikel penting dan berkualitas, melainkan hanya menunjukkan keberadaan sebuah sumber saja.
Meskipun link-link tersebut beraliran dofollow, google tidak akan mengakuinya sebagai backlink jika ditempatkan di tempat-tempat yang tidak wajar. Jika anda ingin melihat backlink yang diakui oleh google, cobalah install browser anda dengan webrank toolbar. Anda nantinya akan mengetahui “backlinks according to google” di browser mozilla firefox anda. Jika website anda tidak memiliki backlink yang diakui google, maka akan menunjukkan “backlink 0” meskipun anda menanam jutaan link di website lain.
Kesimpulan Cara Optimasi Website:
  • Website untuk bisnis online harus memiliki backlink yang kuat sebagai pondasi di SERP, karena website bisnis online tidak sering update seperti website biasa (jarang update).
  • Namun jika keliru dalam menerapkan backlink maka justru malah akan menjauhkan website anda dari SERP. Misalnya anda menautkan link di website lain dalam jumlah banyak secara tiba-tiba. Zaman sekarang tidak mudah mencari backlink yang diakui google. Jika anda ingin menggunakan jasa seo, pilihlah jasa seo yang mematuhi pedoman mutu webmaster google.
Solusi Cara Optimasi Website
  • Jika anda berkomentar di blog lain dan meninggalkan link, atau menanam link di forum, atau jika anda menautkan link di mana saja, gunakanlah url laman landas. Yaitu url postingan dimana pengguna langsung bisa menemukan produk anda.
  • Meskipun sulit untuk diakui google sebagai backlink, namun hal itu akan melangsingkan angka alexa sehingga bisa menaikkan peringkat website anda juga di mesin pencari. Hasilnya, trafik visitor akan naik.
  • Satu url laman landas yang berperingkat tinggi akan lebih baik daripada 100 url berperingkat tinggi namun bukan laman landas.
videoemail
Alternatif Cara Optimasi Website Non SEO
  • Iklankan bisnis anda di Google Adwords. Trafik website anda akan naik secara instant dan angka alexa akan cepat langsing. Lama kelamaan pagerank website anda akan naik juga meskipun tanpa backlink.
  • Hanya saja backlink alami membuat peringkat halaman selangkah lebih kuat dalam berkompetisi di search engine jika dibandingkan dengan website yang tanpa backlink sama sekali.
  • Sebenarnya artikel ini masih panjang, namun agar juragan tidak bosan membacanya maka hanya kami ambil point-point pentingnya saja. Sekian dulu informasi dari juragan cipir, semoga bermanfaat.

Cara Optimasi Website dengan Langkah Sederhana Untuk Memaksimalkan SEO Sebuah Website

Cara Optimasi Website dengan langkah sederhanan, Jika anda memiliki sebuah bisnis dan ingin memasarkan secara online, maka salah satu strategy pemasaran yang sangat efektif saat ini adalah dengan memanfatkan mesin pencari, contohnya Google. Bila website/ blog anda masuk dalam 10 besar hasil pencarian google untuk kata kunci yang anda bidik, dapat dipastikan bahwa pengunjung website anda akan banyak berasal dari search engine dan kemungkinan besar mereka akan membeli produk atau menggunakan jasa yang anda jual melalui website anda.  Pemasaran melalui search engine optimization boleh dibilang sebagai tehnik pemasaran yang paling elit dan efektif karena gratis dan konversinya biasanya tinggi.
Langkah sederhana cara optimasi website untuk membantu website anda masuk dalam 10 besar hasil pencarian google, bukanlah hal yang mudah… tapi bukan hal yang terlalu sulit cara optimasi website juga. Sudah banyak informasi di internet yang membahas tips dan triks agar sebuah situs optimal di search engine terutama google. Beberapa informasi ada yang memberikan tips optimasi On Page dan ada juga yang memberikan tips optimasi Off Page. kami coba merangkum secara garis besar, apa saja yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan SEO (search engin optimization) sebuah website/ blog.
Cara Optimasi Website berikut ini adalah 8 langkah yang wajib dilakukan untuk mengoptimalkan SEO sebuah website:
Pertama: Cara Optimasi Website dengan Riset Kata Kunci
Ketika anda akan membuat sebuah website untuk bisnis anda, tentunya anda tidak membuatnya begitu saja tanpa ada sebuah perencanaan. Langkah pertama yang sangat penting dan harus anda kerjakan adalah mencari tahu bagaimana orang mengetik kata kunci di search engine google untuk mencari informasi yang butuhkan. Bagaimana caranya? Anda dapat melakukan riset keywords dengan menggunakan Google Adwords: Keyword Tools, layanan ini disediakan oleh Google secara gratis.
Kedua: Cara Optimasi Website dengan Gunakan Domain Berisi Kata Kunci
Setelah update algoritma penguin yang lalu beberapa orang mengatakan bahwa keywords on domain adalah sesuatu yang buruk karena bisa dianggap SPAM oleh search engine. kami bukan master SEO atau punya keahlian super di dunia SEO, tapi kami cukup mengerti bahwa di dunia online marketing banyak orang mengatakan hal-hal yang tidak pasti seolah mereka yang paling mengerti banyak hal tentang SEO.
Sebenarnya domain tidak harus berisi kata kunci, itu bukan sebuah keharusan. Tapi dengan memasukkan keywords dalam domain tentunya akan membantu mesin pencari untuk mengetahui fokus website yang dibuat. Misalnya membuat web tentang penyedia jasa SEO atau jasa backlink, bisa saja menggunakan domain seo-murah.com, rajaseo.com, seomax.com, ratuseo.com, dan lain-lain. Sedangkan contoh domain yang tidak menggunakan keywords on domain biasanya adalah website perusahaan-perusahaan, contohnya google.comfacebook.comtwitter.comdetik.comyahoo.com, dan lain-lain.
Pada intinya keywords on domain tidak pernah berbahaya untuk website anda, hal itu hanya berlaku untuk situs-situs SPAM, dan tentunya anda tidak berencana membuat sebuah situs SPAM, right? So, menggunakan kata kunci  tertentu pada domain situs anda adalah sesuatu yang baik, oh ya kami menyarankan untuk menggunakan ekstensi yang sesuai dengan core bisnis, misalnya ekstensi dot com untuk situs komersial.
Ketiga: Cara Optimasi Website dengan Gunakan Platform Yang Tepat Untuk Website Anda
Sebenarnya tidak masalah mau membangun situs anda dengan menggunakan platform yang anda sukai. Bagaimanapun juga, bila anda ingin membuat sebuah situs yang Google friendly dan user friendly maka platform WordPress adalah pilihan terbaik. Pada platform WordPress kita juga dapat menginstal berbagai plugins yang dapat membantu kegiatan SEO dan juga membantu tampilan situs agar terlihat lebih baik.
Keempat: Cara Optimasi Website denganGunakan Permalinks Yang Baik
Pastikan setiap permalink postingan anda berisi judul postingan karenan permalinks yang baik sangat membantu dalam kegiatan seo anda. Itu sebabnya mengapa kami sarankan memakai platform WordPress karena anda akan lebih mudah mengubah settingan permalinks di WordPress. Untuk settingan permalinks postingan biasanya kami menggunakan custom struktur seperti ini /%postname%/ atau /%postname.html
Kelima: Cara Optimasi Website dengan Plugins SEO
Seperti kami katakan sebelumnya, kelebihan WordPress adalah dapat diinstal plugins pendukung yang dapat membantu SEO situs anda. Beberapa plugins WordPress yang sangat membantu SEO website anda adalah:
– Yoast WP SEO atau All In One SEO Pack
– Google XML Sitemaps
– SEO Friendly Images
– Dan lain-lain (akan dibahas dipostingan berikutnya)
Keenam: Cara Optimasi Website dengan Konten Berkualitas
Ada beberapa perdebatan tentang konten berkualitas itu seperti apa, ada yang bilang “artikelnya minimal 500 kata”, dan ada yang bilang “artikelnya minimal 700 kata”, faktanya adalah tidak ada yang lebih baik dari sebuah konten yang original. Buatlah konten untuk pembaca anda, buatlah bagaimana agar pembaca anda ingin membaca semua konten anda terus menerus. Seperti yang sudah disampaikan oleh pihak google sendiri bahwa konten adalah RAJA, maka sebaiknya anda tetap mengupdate website anda dengan konten yang original dan menarik bagi pembaca anda.
Ketuju: Cara Optimasi Website Gunakan Social Media
Jaman teknologi digital sekarang ini siapa sih yang tidak mengenal twitter, facebook, Google plus, dan lain-lain… setidaknya pasti mengenal salah satunya. Jika anda sedang membaca artikel ini dan tidak punya salah satu akun social media, kami pikir itu sesuatu yang “luar biasa” – sungguh terlalu :P. Bagi pemilik situs, memiliki akun twitter dan facebook adalah sebuah keharusan. Social media ini tidak hanya akan membantu SEO website anda, tapi juga akan menambah pengunjung ke website anda.
Kedelapan: Cara Optimasi Website dengan Membangun Backlinks
Algoritma search engine akan selalu berubah dari waktu ke waktu, namun hal penting yang tidak akan pernah berubah dalam SEO adalah backlinks. Hal penting yang harus tetap kita perhatikan ketika membangun backlinks untuk sebuah situs adalah membangun backlinks yang berkualiats. Gunakan waktu senggang anda untuk membangun backlinks yang berkualitas dan perlu dilakukan secara terus menerus dengan bertahap.
Cara optimasi website dengan langkah di atas adalah strategy untuk memaksimalkan SEO sebuah website dan wajib diterapkan bila anda ingin mendapat perhatian dari search engine, terutama google. Bila anda tidak dapat melakukan hal di atas atau tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya, sebaiknya anda menyewa seorang webmaster yang mengerti tentang SEO.

Cara Optimasi Website Agar Artikel Terindeks Bing , Yahoo! dan Google Secara Mutlak

Agar semua artikel postingan di blog kita bisa terindeks secara keseluruhan dengan sempurna oleh mesin pencari atau search engine, maka optimasi SEO (search engine optimization) yang terbaik adalah dengan memanfaatkan fitur yang disediakan oleh mesin pencari itu sendiri.
Jadi sebelum kita menerapkan teknik seo model apapun, misal seo onpage dan seo offpage, maka sebelumnya kita harus menerapkan teknik seo dasar yang disediakan oleh mesin pencari atau mesin telusur. Tujuannya adalah agar mesin pencari tahu bahwa anda mempunyai blog atau website.
Sehingga mesin pencari akan mudah menampilkan artikel postingan blog kita di halaman pertama hasil pencarian atau penelusuran.Namun jika anda keburu menerapkan teknik seo yang lain tanpa memberitahukan terlebih dahulu ke mesin pencari, maka hasil penelusuran tidak akan sempurna karena mesin telusur pernah tidak diberitahu kalau anda punya blog.
Sehingga artikel postingan anda tetap akan jauh dari halaman pertama. Mengapa? Karena blog anda tidak mau berkenalan dengan mesin telusur. Tak kenal maka tak sayang / muncul.
Nah, mesin telusur yang sering digunakan pengguna internet ada 3 buah. Yaitu google, bing dan yahoo. Agar ketiganya kaming dengan blog kita, maka blog kita harus dimasukkan sebagai keluarga mereka.
Caranya adalah dengan membuat akun Google Webmaster Tools. Sedangkan agar terindeks yahoo dan bing, maka kita harus membuat akun Bing Webmaster Tools. Dengan demikian maka ketiga mesin pencari tersebut akan terus menerus memangku blog kita selama 24 jam. Hal ini akan membuat blog anda mudah tampil di halaman pertama hasil pencarian atau hasil penelusuran karena blog / website anda telah menjalin hubungan cinta dengan mesin pencari .
Cara Agar Artikel Terindeks Google
Anda jangan meremehkan kekuatan google webmaster tools. Jika anda ingin melihat buktinya silakan check dibawah ini, bagaimana google webmaster tools bekerja untuk mengindeks blog kita secara utuh.
Demo:
Solo Desain Indexed By Google
Berikut untuk membuat akun google webmaster tools, silakan kunjungi dan signup untuk membuat akun disini; Google Webmaster Tools
Jika anda bukan pengguna blogger maka anda harus memiliki akun google yang nantinya anda gunakan untuk signup. Jika tidak punya akun google anda bisa membuatnya dengan cara dibawah ini;
Catatan:
(1) Jika anda adalah pengguna blogger, maka anda secara otomatis akan memiliki akun webmaster tools tanpa signup dan tanpa menyematkan kode verifikasi di HTML template. Anda cukup login saja dengan menggunakan akun google anda.
(2) Jika anda pengguna non-blogger, anda akan diberi cuplikan kode verifikasi untuk anda sematkan di HTML template.
Setelah akun google webmaster tools jadi, bukalah blog atau website anda yang tampak di akun google webmaster tools, lalu carilah fitur “Sitemap” atau “Peta Situs”. Kemudian submitkan url RSS Feeds anda disana.
Untuk Blogger
http://yoursite.blogspot.com/feeds/posts/default/
Untuk WordPress
http://yoursite.com/feed/
Selain itu anda juga boleh mensubmit url sitemap lainnya, misal sitemap.xml dan lain-lain.

Cara Optimasi Website Agar Artikel Terindeks Bing dan Yahoo!

Cara agar artikel terindeks oleh yahoo dan bing bisa anda lakukan dengan satu cara saja. Yaitu dengan membuat akun Bing Webmaster Tools saja. Karena optimasi bing dan yahoo telah menjadi satu sejak tahun 2010 silam.
Anda jangan sekali-kali meremehkan kekuatan Bing Webmaster Tools. Jika anda ingin melihat buktinya silakan check dibawah ini, bagaimana bing webmaster tools bekerja untuk mengindeks blog kita secara utuh tanpa ada satu artikelpun yang tertinggal..
Demo:
Bisnis UKM Indexed By Bing
Solo Kaos Indexed By Yahoo!
Nah, untuk membuat akun bing webmaster tools, silakan kunjungi dan signup untuk membuat akun disini; Bing Webmaster Tools.
Disana anda harus membuat akun microsoft dulu dengan sign up menggunakan email apa saja. Jika tidak punya email anda bisa membuat email baru yang disediakan oleh microsoft, misalnya hotmail.com, outlook.com dan live.com.
Jika akun sudah jadi maka anda akan diberi cuplikan kode verifikasi untuk anda sematkan di HTML template. Kodenya seperti dibawah ini;
<meta name=”msvalidate.01″ content=”A09A6FC1CC9F239SDA8624373A008BC1″ />
Setelah itu bukalah blog anda yang tampak di akun bing webmaster tools, lalu carilah fitur “Sitemap” atau “Peta Situs”. Kemudian submitkan url RSS Feeds anda disana.
Untuk Blogger
http://yoursite.blogspot.com/feeds/posts/default/
Untuk WordPress
http://yoursite.com/feed/
Selain itu anda juga boleh mensubmit url sitemap lainnya, misal sitemap.xml dan lain-lain.
Kemudian lihat hasilnya dalam beberapa minggu kedepan dengan menuliskan site:yoursite.blogspot.com di halaman pencarian google, yahoo dan bing. Lalu lihatlah lagi pada bulan berikutnya dengan cara yang sama. Maka anda akan tersenyum lebar

Cara Optimasi SEO Website On Page Mudah Dan Berkualitas

Cara optimasi SEO website yang baik dimata mesin pencari itu bagaimana dan tehnik terbaik untuk SEO onpage pada website Anda. Semua pelaku seo menyadari bahwa, melakukan optimasi seo onpage dan off-page pada blog mereka itu berpengaruh pada peringkat baik di mesin pencari. Dan kita juga meyakini bahwa, tidaklah mudah untuk mendapatkan peringkat baik dimesin pencari (terutama Google), Kecuali Anda memiliki tehnik terbaik untuk membangun SEO On-Page dan Off-page  pada halaman situs Anda.
Kita tahu, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan traffic blog adalah dari mesin pencari. Maka dari itu kita harus memahami apa itu SEO dan cara kerja SEO itu seperti apa. Nah, dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara terbaik optimasi seo onpage pada situs Anda.
Sebelum kita melangkah dalam melakukan optimasi seo onpage pada blog, sebaiknya Anda tahu dulu apa itu SEO onpage?

Bagaimana cara optimasi website dengan onpage yang baik

Apa Itu SEO OnPage?
SEO onpage mengacu pada faktor-faktor yang berpengaruh pada halaman situs dalam pencarian organik di search engine. Faktor-faktor ini dikendalikan oleh Anda dengan coding yang terdapat pada halaman blog Anda. Contoh optimasi seo onpage pada blogspot atau wordpress termasuk kode aktual HTML, meta tag, penempatan kata kunci dan kepadatan kata kunci.
Tehnik Dasar Cara Optimasi SEO OnPage Mudah Dan Berkualitas
Sebelumnya kami sudah menuliskan tentang cara optimasi SEO off-page pada situs kita, maka kali ini kita akan membahas tehnik seo onpage itu seperti apa sih? Sebagai berikut;
# Optimasi SEO Title Tage
Gunakan title tage sebagai tempat pertama untuk meletakkan kata kunci. Kata kunci yang di letakkan di awal judul akan lebih baik dari kata kunci yang di letakkan di tengah judul awal belakang judul, tapi tidak semua harus meletakkan kata kunci di awal judul.
Anda bisa meletakkan kata kunci di awal judul apa bila kata kunci itu bisa memikat calon pengunjung blog Anda dan apa bila menurut Anda kurang menarik Anda bisa meletakkan kata kunci di tengah atau belakang judul.
Contoh:
Pertama: Cara Optimasi Website – judul ini sangat bagus dan sangat tertarget kata kunci itu, karena kata kunci dari judul itu optimasi seo onpage.
Kedua: cara terbaik optimasi seo onpage 2016 – contoh judul ini pun juga sangat bagus karena lebih memikat calon pengunjung blog Anda. Semakin menarik judul dan unik semakin banyak juga jumlah klik yang masuk pada situs Anda.
Dari contoh judul di atas yang mungkin menempati posisi utama dari penelusuran mesin pencari adalah nomer satu, tapi dari segi klik atau minat pengunjung tentu memilih nomer 2, karena lebih meyakinkan.
Cara Optimasi Website dengan Optimasi SEO Meta Description
Meta description adalah nomer dua setelah judul yang harus di optimalkan. Kenapa meta desription harus di optimalkan? karena ketika seseorang mencari informasi melalui mesin pencari, Mata pertama kali akan memandang judul sebagai pilihan artikel mana yang pas untuk di cari dan ke dua meta description yang relevan dengan judul, sama dengan mesin pencari, mesin pencari juga akan mencari sebuah deskripsi yang relevan dengan judul. contoh gampang saja ketika Anda mencari sesuatu di google, lihat judul dan descripsi, perhatikan yang tampil pada halaman utama pasti sangat relevan sekalikan, maka itu yang harus Anda lakukan juga.
Usahakan panjang descripsi 165 karakter, karena google hanya menampilkan 165 karakter saja, maka usahakan meta deskripsi Anda benar benar menarik agar calon pengunjung meleleh ketika membaca meta deskripsi blog Anda dan akhirnya mereka memutuskan untuk mengklik link yang masuk ke blog Anda.
Cara Optimasi Website Optimasi SEO Link atau url
Url atau di sebut juga dengan link ini tidak kalah menarik dengan meta deskripsi. Sering kita jumpai alamat url yang bervariasi ada yang pendek dan ada yang memanjang, banyak perdebatan tentang masalah url ini ada yang mengatakan gunakan link yang panjang sesuai judul blog Anda, karena url akan tampil dan berperan penting sama seperti meta deskripsi dan ada juga yang bilang buatlah alamat url yang singkat dan mudah untuk di ingat oleh orang.
Dari sebuah perdebatan di atas, kami menyimpulkan lebih baik Anda menggunakan url yang singkat namun berisi, maksudnnya buatlah link yang singkat dan relevan dengan mengandung kata kunci.
Contoh 1:
Dari contoh url di atas manusia atau mesin pencari pun akan mudah menyimpulkan bahwa artikel Anda menunjukkan tentang optimasi seo on page. Singkat jelas dan tertarget dengan kata kunci artikel.
Dari contoh itu menunjukkan cara optimasi website, namun hrus di ingat, tidak semua alamat url akan tampil pada mesin pencari, biasanya hanya tampil beberapa bagian saja, maka kesimpulanya panjang url tidak semua menjadi lebih baik dan jelas itu susah untuk di ingat, walaupun sekarang jarang ada orang yang mengingat masalah url, biasanya orang selalu mencari sesuatu lewat mesin pencari, tetapi tidak ada salahnya untuk memperpendek url.
Seperi Google sendiri menyatakan 2 sampai 3 dari url adalah kata kunci lebih berbobot.
Cara Optimasi Website dengan Internal Link
Usahakan ketika Anda menulis artikel berikan internal link yang relevan dengan topik pembahasan Anda, seperti yang kami lakukan di atas, semua itu bertujuan untuk mendapatkan link juice, semakin banyak link juice akan berdampak positif bagi artikel kita.
Contoh banyak sekali internal link yang di berikan di situs Wikipedia, menurut wikipedia artikel yang baik adalah artikel yang memberikan internal link yang berkaitan dan relevan, begitu juga search engine juga menyukai artikel yang memiliki internal link yang relevan sebelum menentukan situs tersebut masuk di halaman pertama mesin pencari.
Agar Website Tampil Di Halaman Pertama Google / Ranking
Pastikan setelah Anda tahu cara membuat blog dan mempercantik tampilannya, selanjutnya belajar bagaimana cara Agar Website Tampil Di Halaman Pertama Google / Ranking No.1 di berbagai mensin pencari. Ini sangat penting mengingat trafik tertinggi suatu blog adalah umumnya didapatkan karena posisinya bisa menduduki halaman 1 di google. Ini disebabkan karena hampir semua pengguna internet selalu mengandalkan mesin telusur tersebut untuk mencari artikel apa saja dari berbagai web. Dalam dunia blogging ini dikenal pula dengan istilah SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah optimasi mesin pencari. Maksudnya di sini kita melakukan segala hal pada internal dan eksternal website kita agar mudah terindeks dan menduduki ranking terbaik, baik itu dari segi domain, artikel, template, dan juga backlinknya. Semua bagian tersebut harus dipahami satu per satu tekniknya agar mudah direalisasikan.
SEO website untuk halaman pertama atau Ranking 1 Google sebenarnya tidaklah sulit, hanya saja butuh ketekunan dan kerja keras. Selain itu, konsisten melakukan tekniknya setiap hari adalah syarat penting untuk dapat berhasil, ini karena anda bersaing dengan jutaan blogger yang memiliki tujuan yang sama, sehingga sehari saja anda berhenti melakukan optimasi maka bisa dipastikan anda akan kalah saing. Untuk itu disarankan paling tidak sekali sehari melakukan update pada blog anda, terutama pada artikel dan link atau tautan yang mengarah pada situs yang kita kelola.
Langkah Cara Membuat Website Masuk Halaman Pertama/Rangking 1 di Google
Ada empat poin yang wajib dilakukan optimasi agar blog kita bisa jadi juara, yaitu tema dan domain, template, artikel dan linknya. Masing-masing butuh penanganan sendiri secara bertahap agar bisa maksimal dan itu dimulai saat pertama kali membangun situs yang akan kita kembangkan, yakni mulai dari memilih tema dan namanya sudah wajib mempertimbangkan apa yang paling pas atau sesuai dengan kaidah SEO dari para Master, berikut penjelasannya:
1.  Tema dan Domain
Setiap orang wajib menetukan tema apa yang akan difokuskan pada websitenya setiap kali ingin memulai membuat, ini karena fokus pada 1 kata kunci jauh lebih baik dari pada membangung blog dengan kata kunci yang beragam karena sudah pasti akan kalah bersaing dengan yang hanya berkutat pada keyword yang itu-itu saja. Pastikan anda tahu cara menggunakan Google Adwodrs Keyword Planner yang mana ini fungsinya sebagai alat untuk menganalisa kata kunci apa yang banyak dicari di google tiap bulannya, karena tidak ada artinya membuat website masuk halaman pertama di google kalau ternyata tema yang dibahas tidak ada yang mencari atau membutuhkannya. Sangat disarankan cari yang pencariannya minimal 5000 kali dalam sebulan.
Memilih Domain – Setelah diputuskan tema blog yang pas, selanjutnya catat dan usahakan saat membuat alamat website atau domain yang akan dibeli ada kemiripan dari temanya atau paling tidak menyertakan kata dari tema tersebut. Maksudnya begini, misalnya saja temanya soal “cara membuat blog’, nah usahakan nanti pada domainnya ada kata tersebut atau beberapa di antaranya, contoh panduanmembuatblog.com dan lainnya. Ini fungsinya agar google mudah membaca relefansi antara domain dan pembahasan dalam web anda yang tentunya akan berimbas pada posisinya di mesin pencari.
Domain .com – Mengenai Cara Membeli Domain .com yang sudah kami bahas, walau tidak menjadi faktor utama blog atau website berada di halaman pertama Google tapi ini bisa memberi sedikit pengaruh, apalagi sekarang ini banyak isu yang muncul di kalangan blogger bahwa TLD (Top Level Domain) mempengaruhi posisi artikel suat blog di pencarian. Selain itu, kepercayaan pengunjung blog akan lebih tinggi dibanding menggunakan yang gratisan yang sekarang ini banyak sekali ditemui yang memberikan tutorial yang tidak berkualitas.
2.  Template
Bagian ini sudah masuk pada tata letak dan tampilan dari website yang kita bangun, tapi jangan salah kalau ini juga bagian terpenting yang harus diperhatikan agar website kita mudah ranking 1 di google, terutama tampilannya yang sederhana dan memiliki kecepatan loading yang tidak lebih dari 5 detik setiap kali di akses, tapi untuk lebih jelasnya perlu diterangkan satu per satu:
Karena umumnya template atau theme bawaan tidak menarik dan tidak SEO Friendly maka sebelumnya baca ini :  Cara Mengganti Template Blog
a.  Edit Script-nya
Script di sini adalah kode yang menjalankan templatenya dan dari sini Google membaca isi dari blog anda, semakin sesuai dengan cara kerjanya maka akan semakin gampang terbaca. Berikut adalah beberapa yang harus jadi pengaturannya:
Pastikan dilengkapi dengan Title Tag. Untuk blog wordpress biasanya tinggal pakai plugin seperti SEO by Yoast, tapi untuk pengguna blogspot bisa dengan langsung melakukan setting dengan masuk ke bagian Dashboard >> Setelan >> Dasar >> lalu atur Judul nya. Selanjutnya, di bagian Setelah >> Preferensi Penelusuran >> Aktifkan Deskripsi (cukup aktifkan dan kosongkan saja karena di atas sudah diatur deskripsinya).
Meta description jangan sampai tidak tertera dalam templatenya. Sekali lagi, untuk WordPress silahkan gunakan Yoast, tapi bagi yang memakai blogger maka cukup melakukan pengaturan ringan di bagian dashboard dan pada saat menulis artikelnya. Caranya, masuk ke Dashboard >> Setelan >> Dasar >> lalu atur Deskripsi-nya. Selanjutnya, di bagian Setelah >> Preferensi Penelusuran >> Aktifkan Deskripsi (cukup aktifkan dan kosongkan saja karena di atas sudah diatur deskripsinya).
Tersedia pengaturan struktur heading yang baik, mulai dari H1, H2, H3, H4 dan seterusnya. Kalau di blogspot usahakan di dalam artikel ulang kembali judulnya lalu di-Bold dan pilih Heading 2 di bagian toolbar di atasnya (klik danda panah kecil dekat tulisan ‘Paragraph”). dan bila ada sub judul lanjutan maka gunakan lagi Heading selanjutnya, yakni Heading 3 dan seterusnya.
Jangan sampai terlupakan, harus ada fitur “Artikel Terkait” atau “Related Post” di bagian bawah setiap artikel karena ini fungsinya untuk mengurangi Bounce Rate (persentase jumlah pengunjung yang meninggalkan blog kita begitu telah membaca 1 artikel, tanpa membaca artikel lainnya). Jika tidak mau repot sebaiknya sebelum memutuskan memakai sebuah template maka pilihlah yang sudah dilengkapi ‘senjata’ tersebut karena jika tidak nantinya akan mempengaruhi trafik, sebab google tidak senang dengan web yang jumlah bounce ratenya terlalu tinggi, dan umumnya akan mendapat hukuman berupa penurunan SERP (Search Engine Rank Page).
Terdapat sistem “breadcrumbs” di dalamnya untuk memudahkan Google mengenali struktur dalam blog, ini bisa anda lihat di bagian atas judul artikel saat membuka artikel sebuah blog dan akan tampil seperti ini: Home >> Blogging >> Cara membuat blog .
b.  Faktor pendukung lainnya
Gambar – Template blog yang bagus dan bisa mempengaruhi posisinya di google adalah minim penggunaan gambar di dalamnya. Memang tidak akan mempengaruhi ranking artikel di mesin pencari, tapi secara tidak langsung akan memberi dampak pada jumlah pengunjungnya, karena jika mereka harus menunggu lama hanya untuk membaca 1 artikel saja disebabkan loadingnya yang lambat maka bisa dipastikan visitor tersebut akan lebih memilih menutupnya dan beralih ke website lain. Hal yang paling perlu diperhatikan di sini adalah gambar latar dari templatenya, disarankan sebaiknya gunakan kode warna saja.
Widget – Kebanyakan blogger pemula yang juga ingin blognya muncul di halaman pertama google tidak memperhatikan soal penggunaan widget, kebanyakan dari mereka asal pasang saja sekalipun tidak penting, padahal efeknya akan mengakibatkan loading blog juga semakin melambat, selain itu belum tentu semua yang kita pakai akan digunakan orang, misalnya widget tanggal, animasi, dan lainnya. Jika ingin meniru para Master, umumnya mereka hanya menggunakan widget Artikel Terpopuler dan Terbaru serta Like Box media sosial untuk menambah pembaca blog mereka, selebihnya mereka hindari karena tidak baik buat SEO.
3. Backlink
Makna backlink di sini adalah link atau tautan dari website lain yang mengarah ke halaman utama atau artikel blogmu. Untuk saat ini bukan jumlahnya yang diperhitungkan melainkan kualitas dari tautan tersebut, dan yang paling baik adalah yang mengandung anchor text atau kata kunci yang sesuai dengan tema blog, misalnya temanya soal ‘cara membuat semua hal’, maka paling tidak backlinknya menyertakan salah satu dari kata tersebut agar mudah mendapat poin ranking dari google. Dan untuk ini kami sangat menyarankan untuk membuat blog dummy yang terus dioptimasi setiap harinya. Selain itu anda juga harus pelajari beberapa ketentuan dalam cara mencari backlink yang aman agar terhindar dari penalty google karena efeknya bisa sangat buruk.
Pada dasarnya bagian terpenting dari trik dan tutorial ini adalah pada optimasi backlink dari website itu sendiri. Jika anda tahu persis bagaimana melakukan ini maka anda tak perlu lagi jasa atau pun belajar lama mengenai ini yang biayanya selangit, dan bahkan ada yang mematok biaya hingga 5 juta untuk sekali belajar. Berbeda dengan kami biayanya cuma Rp. 1.000.000 untuk sekali pelatihan. Karena rahasianya simple sekali, jadi dalam satu malam, kurang lebih 2 jam saja, anda sudah bisa tau persis bagaimana melakukannya. Cara belajarnya adalah dengan chating menggunakan Facebook, jadi lebih akrab dan mudah menjelaskannya.
Jadi ranking 1 di Google atau agar blog masuk halaman pertama Google dan mesin pencari lainnya hanya dengan mengetahui 3 pokok pengaturan di atas, untuk pastikan tidak ada yang terlewatkan agar anda bisa memenangkan persaingan dengan website lainnya. Sekali lagi, apa pun yang kita lakukan sebenarnya tergantung pada ketekunan kita, semakin disiplin dilakukan maka akan semakin cepat dilihat hasilnya. Tidak perlu tahu banyak untuk bisa menjadi Master dalam hal apa pun, tapi ‘Cukup tahu satu dan langsung praktek satu. Tidak perlu menunggu tahu seribu kemudian praktek seribu ilmu tersebut.’ Maksudnya, kalau mau jadi Master dalam semua hal maka kuncinya adalah tiap mengetahui sesuatu langsung diterapkan saja maka lambat laun tanpa disadari pengetahuan anda sudah selangit.

Tips Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas (Mencari/Membuat Backlink yang Aman untuk Meningkatkan Ranking Blog)

Cara Mencari Backlink Berkualitas, Backlink bagi sebuah blog atau website adalah ibarat ‘vote’ atau ‘rekomendasi’ menurut pandangan Caraspot, yang mana semakin banyak mendapatkan tautan dari situs lain maka sebuah blog akan meningkat pula SERP-nya (Search Engine Rank Page) di mesin pencari, terutama Google yang merupakan kiblat banyak blogger dalam meningkatkan trafik webnya. Tapi sebenarnya bukan hanya kuantitas atau banyaknya saja yang dinilai, tapi juga kualitas dari backlink itu sendiri. Nah, inilah yang akan kita bahas tuntas dalam “Tips Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas (Mencari/Membuat Backlink yang Aman untuk Meningkatkan Ranking Blog)” ini. Sebagai contoh, misalnya saja website si A membuat 100 backlink dari komentar di berbagai blog dofollow dengan tidak memperhatikan pagerank serta page dan author authority, sedang blog si B hanya mencari backlink dari 10 situs terpercaya yang semuanya ber-pagerank dan juga dengan variasi ekstensi domain (bukan hanya .com saja), apalagi jika semua tertanam dalam artikel, tentunya, jika hal ini dimintakan pendapat pada para Master SEO, sudah pasti akan menjawab bahwa efek dari usaha membangun backlink yang dilakukan oleh pemilik blog B akan jauh lebih baik dan powerful dibanding si A yang walau banyak tapi tidak berkualitas.
Pemaparan di atas hanyalah gambarn kecil dari sekian hal yang akan Caraspot jelaskan di bawah, tapi sebelum itu kami ingin mengulas sedikit soal apa itu backlink menurut Wikipedia. Jadi, backlink adalah berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari dua gabungan kata, yaitu ‘back’ yang berarti kembali atau balik dan ‘link’ yang berarti tuutan. Jadi, pengertian backlink adalah tautan balik atau link yang masuk pada sebuah website yang berasal dari situs lain baik itu dipasang karena permintaan pemilik web atau pun dari inisiatif pemilik blog sendiri untuk merekomendasikan link orang lain karena dianggap berkualitas. Awal kemunculan mesin pencari seperti Yahoo, Google, dan Bing, backlink menjadi satu-satunya faktor yang menentukan ranking atau posisi suatu blog pada pencarian, tapi kini, seiring dengan terus diperbaharuinya algoritma berbagai mesin pencari, terutama Google yang menjadi target utama banyak ahli SEO, backlink bukan lagi ‘raja’ dari teknik SEO yang dilakukan, dan bahkan dikatakan bahwa saat ada 200 faktor (algoritma) yang menajadi penilaian dalam menentukan posisi suatu web di mesin pencari.
Untuk melengkapi ulasan kita kali ini maka secara umum akan ada 2 pemaparan penting untuk tema ini, yakni tempat mencari backlink yang berkualtias dan aman dari penalty Google dan teknik dalam membuat backlink yang bagus agar mempengaruhi ranking blog di mata banyak mesin pencari terkenal. Dengan mengetahui dua ilmu pokok tersebut tentunya diharapkan agar baik yang masih pemula maupun yang sudah profesional bisa membangun sebuah website yang powerful dan bisa bersaing dengan situs besar yang memiliki tema yang sama. Nah, berikut tipsnya:
1.  Tips membangun backlink
Di bawah ini adalah sejumlah metode yang dilakukan dalam membuat backlink berkualitas yang mana banyak dipraktekkan dalam berbagai kontes. Tujuan menerapkan teknik ini adalah agar jangan sampai tujuan untuk ranking 1 di google malah berubah menjadi penalty dan sandbox karena salah melakukan optimasi. Ya bisa jadi teknik SEO tersebut pernah diterapkan oleh banyak master, tapi karena yang namanya SEO selalu dinamis sehingga cara tersebut tidak berlaku lagi dan tidak bisa diterapkan untuk saat ini. Intinya, selain rajin optimasi, seorang blogger juga harus mengikuti perkembangan dan segal info yang berkaitan dengan algoritma google yang terbaru, entah itu membaca di blog atau pun ikut forum berbayar sejenis yang banyak ditawarkan.
Berpagerank (PR) tinggi
Sekalipun sudah ada pernyataan google bahwa ia tidak lagi merilis perubahan pagerank secara berkala seperti biasanya, tapi dalam algoritma atau mesin laba-laba-nya masih menjadikan pagerank sebagai penilaian kualitas suatu web atau halaman blog. Tinggi rendahnya pagerank ditampilkan dalam bentuk angka antara 0 sampai 10 dan semakin tinggi angkanya akan semakin baik. Jika kamu bisa berhasil menanam link permanen dalam blog dengan PR yang tinggi dan dengan anchor text sesuai katakunci yang kamu kejar, apalagi jumlahnya banyak dan dibangun secara bertahap, maka bisa dibilang ini akan menjadi faktor yang sangat mempengaruhi ranking blogmu. Untuk cara mengetahui apakah sebuah halaman artikel (bukan cuma halaman utamanya saja) memiliki PR yang bagus atau tidak maka kamu bisa menggunakan Add-Ons Mozilla, silahkan saja klik icon ‘seperti tiga baris’ di sebelah pojok kanan atas Firefox lalu klik “Pengaya” atau Add Ons dan ketik “pagerank” di pencariannya lalu install aplikasi soal PR yang kamu temukan dalam browsermu tersebut, nah setelah kamu mereset browsermu akan terlihat icon kecil di toolbar nantinya setiap kali kamu membuat halam web yang mana jika halaman tersebut memiliki PR akan ditampilkan dengan angka.
Anchor Text yang beragam
Pengertian anchor text di sini (jika ada yang belum tau) adalah kata kunci atau keyword yang ditampilkan pada tautan yang mana bila ia sesuai dengan tema atau deskripsi blogmu akan mempengaruhi rankingnya. Jika dalam sehari kamu mencari 100 backlink, dan jangankan segitu, 20 backlink saja dengan anchor text yang sama maka sudah pasti bukannya ranking blogmu akan semakin baik tapi malah akan kena penalty, dan yang paling umum adalah masuk SanBox dan tidak mucul sama sekali di pencarian Google. Tips dalam cara mendapatkan backlink berkualitas di sini adalah usahakan dalam sehari tidak menanam link dengan keyword yang sama lebih dari 3 kali, dan jika tetap ingin mencari backlink dalam jumlah yang banyak (standar Caraspot tidak lebih dari 10 per hari) maka variasikan kata-kata dalam tautannya. Beberapa master terkadang mpraktekkan beberapa alternatif anchor text, seperti:
Menulis sesuai dengan alamat blog, yakni dengan menyertakan http:// dan ekstensi .com dan selainnya dibelakangnya
Dengan anchor text dari nama penulis (ini juga mempengaruhi Seo sebuah blog, makanya nama penulis dalam blogmu jangan diganti-ganti).
Dengan menggunakan kata-kata lazim yang digunakan orang dalam membuat tautan yang terkadang bukan untuk tujuan SEO tapi sekedar merekomendasikan yang mana ini akan dinilai sebagai link natural oleh google. Tidak melulu menggunakan rich keyword, maksudnya di sini adalah anchor text yang digunakan tidak mesti harus sesuai yang ada pada deskripsi maupun pada titile blogmu, tapi terkadang juga dari kata-kata yang ada hubungannya, seperti sinonim katanya (misal ‘download’ diganti dengan ‘unduh’, ‘cara’ diganti dengan ‘teknik’ dll.), atau mungkin dengan turunan katanya (misal kata kunci yang ditargetkan adalah “teknik SEO” maka bisa juga dibuatkan anchor “untuk pemula”, “berkualitas”, “meningkatkan ranking blog” dan lain sebagainya.
Ekstensi domain yang variatif
Banyak yang bilang kalau beli blog zombie dari blogspot atau Tumblr untuk dibuat blog dummy bagus, ini bisa benar bisa juga kurnag tepat karena kalau sumber dummy-nya dari platform yang sama sudah pasti ekstensinya sama semua, misal .blogspot.com semua, tentu ini tidak baik untuk teknik SEO yang kita lakukan karena akan dianggap tidak natural dan spam, kalaupun tetap dilakukan maka sebaiknya dibangun dari berbagai situs dengan ekstensi yang berbeda, kalau perlu semua ekstensi ada, mulai dari .com hingga .net, .org, .edu, .xyz, .club, .id, .top, .web.id, .co.id, dan lain sebagainya. Semakin variatif makan akan semakin baik karena dianggap natural.
Posisi backlink yang berbeda-beda
Posisi backlink yang paling berkualitas memang ada pada backlink yang diletakkan dalam artikel karena ini akan dianggap sebagai rekomendasi naturan dan bukan karena membeli jasa atau selainnya, walaupun belakangan banyak jasa backlink yang menyediakannya. Tapi sekalipun demikian, posisi link yang berbeda-beda juga sangat penting dalam mendongkrak ranking suatu website, untuk itu usahakan dibuat beragam, mulai yang ditanam dalam postingan, di sidebar, dalam tautan gambar, di menu blog, footer, atau berdasarkan jenis situsnya, misalnya di forum online, jejaring sosial dan lainnya.
Dilakukan secara bertahap
Bayangkan saja kalau dalam sehari kamu mencari 100 backlink, apalgi dengan anchor text yang sama semua maka sudah pasti akan langsung terdeteksi sebagai tindakan nyepam oleh google dan biasanya hasilnya besok blogmu, dengan katakunci yang kamu targetkan tidak akan terlihat lagi di mesin pencari, jangankan masuk antara halaman 1 hingga halaman 10, terindeks saja sama sekali tidak. Larangan mencari backlink yang dipaksakan kuantitasnya dalam sehari ini sudah menjadi rekomendasi banyak master SEO dunia, untuk itu solusinya adalah lakukan optimasi secara bertahap, kalau bisa maksimal 3 saja dalam sehari tapi dari situs yang berkualitas, di antaranya yang ber-pagerank, memiliki author authoity yang tinggi, dipasang dalam artikel dan bukan cuma komentar dan lain sebagainya. Intinya…’slow but sure’ : pelan tapi santai, tapi terarah dan dilakukan terus menerus.
Membangun backlink secara berkesinambungan
Sudah sedikit disinggung di atas bahwa jika ingin menghasilkan sebuah blog atau website yang betul-betul SEO friendly maka kita harus terus melakukan optimasi, bukan hanya beberapa hari dan setelah itu pindah ke artikel atau blog lainnya. Mengapa demikian? Karena yang namanya blogger kita bersaing dengan jutaan orang, jika yang lain terus melakukan optimasi sedang kita tinggal diam maka mau tidak mau akhirnya juga akan tersingkir atau mungkin tidak pernah juara sama sekali. Nah, membangun backlink secara terus menerus adalah salah satu cara mendapatkan backlink berkualitas yang juga paling disarankan buat para blogger, bukan hanya pemula tapi semu master. Tipsnya adalah, jika misalnya kita sibuk menulis, maka bisa melakukannya bergantian, misalnya hari ini posting, besok cari backlink dan besoknya lagi nulis artikel dan demikian seterusnya, tapi paling baik jika halaman utama domainnya yang terus dioptimasi karena akan mengangkat SERP semua artikelnya.
Menghindari teknik linkwheel yang berputar
Ini adalah salah satu teknik SEO para juara kontes yang paling joss dalam cara mencari backlink berkualitas…, tapi itu dulu….! sekarang ini, teknik ini tidak lagi disarankan untuk dilakukan karena Google sudah bisa membaca mana link yang dibangun secara natural dan mana yang memang untuk tujuan mendapatkan peringkat. Linkwheel sendiri adalah cara membangun backlink dengan cara saling menautkan antara satu backlink dengan backlink lainnya yang masing-masing pada halaman tersebut juga ditanam tautan menuju blog utama kita. Solusinya, kalau pun tetap ingin melakukan ini, maka jangan dibuat “berputar” yang mana dummy blog terakhir ditautkan kembali ke dummy blog pertama sehingga tak ada habisnya laba-laba google melompat (merayapi) tautan-tautan tersebut, karena bila ini terdeteksi maka secara otomatis akan langsung kena penalty dari mbah Google.
Jangan semua dofollow
Kalau teknik SEO mencari backlink yang dulu memang akan lebih baik jika backlink yang kita dapatkan semua bentuknya dofollow, tapi sekarang, karena banyaknya tindakan nyepam dari berbagai blogger yang hanya mengejar status dofollow pada kolom komentar dan posisi backlink lainnya dalam blog sehingga akhirnya google pun membuat algoritma barunya dimana blog yang menunjukkan kalau semua backlinknya dofollow maka besar kemungkinan bahwa tautan balik ke websitenya tidak natural dan bukan atas rekomendasi langsung dari pemilik webnya, melainkan bisa jadi karena melakukan pertukaran link, membayar sejumlah uang untuk bisa mendapatkan backlink dan lain sebagainya yang sifatnya dipaksakan. Kalau yang kami lakukan sih, saat ini tidak lagi mau tau apakah itu dofollow atau nofollow yang penting bisa dapat credit , dan hasilnya ternyata bisa seimbang setelah dicek di ahrefs.com.
Tempat Mencari Backlink
Kalau di atas kan sudah tau bagaimana tips menanam backlinknya, nah di bawah adalah tempat cari linknya yang bagus dan bisa meningkatkan ranking websitemu. Ini penting karena tidak semua situs bisa dipasangi link, apalagi yang sudah mendapat cap buruk dari Google sudah tentu harus dihindari dan jangan pernah memasang di sana, karena ini juga salah satu pengalaman penulis ketika melakukan hal semacam ini tiba-tiba ranking blog kami jatuh, padahal sudah berhasil ranking 1 dan optimasinya pun dilakukan selama 3 bulan lamanya, kan kaming kalau ini juga terjadi pada Anda.
Catatan: kurang direkomendasikan:
1.  Komentar pada blog dofollow
Penulis sendiri bisa dibilang sudah hampir meninggalkan cara ini, kecuali pada blog-blog yang halamannya memiliki pagerank yang tinggi. Dan kami kira bukan cuma kami, tapi hampir sebagian besar master SEO banyak yang menyarankan untuk menghindari teknik ini semenjak adanya pernyataan langsung dari Google bahwa banyak blog yang menyediakan halaman komentar dijadikan sebagai ladang ‘spam’ oleh banyak blogger sehingga efek backlink dari komentar blog tidak lagi menjadi prioritas, apalagi pada blog-blog yang tidak memiliki kualitas artikel. Saran kami, jika seandainya tetap ingin melakukan ini maka sebaiknya persentasenya dikurangi saja, ya kira-kira 10% saja dari total backlink yang kamu cari, dan itu pun sebaiknya tidak usah menggunakan anchor text (kata kunci untuk tautan) yang sesui dengan target keyword dari blogmu, tapi cukup dengan nama penulis yang kamu gunakan dalam blogmu karena cara ini baik untuk meningkatkan author authority kamu yang saat jadi perhartian Google dalam menentukan ranking suatu web.
2.  Tukaran link
Anda wajib tahu kalau yang namanya mencari backlink dari melakukan pertukaran link ‘dibenci’ oleh google sehingga bila ketahuan bisa menyebabkan ranking blog menurun. Dan efek buruk dari usaha mencari backlink seperti ini adalah dimana blog kita akan memiliki link keluar yang banyak sekali yang mana ini tidak baik untuk SEO suatu blog, apalagi jika itu dibuat dofollow. Solusinya, jika tetap ingin mendapatkan backlink dari blog lain yang memiliki pagerank tinggi adalah dengan cara menawarkan pembayaran untuk link yang terpasang di blog mereka, misalnya saja 50ribu untuk selamanya atau sesui kesepakatan. Dan yang paling baik lagi jika link kamu bisa terpasang dalam artikel karena ini akan jauh lebih mempengaruhi ranking suatu blog.
Sebelum lanjut kami juga ingin menyampaikan jika seandainya ada dari agan yang mau dibantu dicarikan backlink bisa menghubungi lewat kontak di atas atau baca jasa blog yang kami sediakan.
#Sangat direkomendasikan 
1.  Menggunakan jasa review (bisnisUKM.idUKMbisnis.comKlicksolo.com dll)
Kalau kamu tidak mau repot menulis dan membangun backlink sendiri maka jasa review blog bisa jadi alternatif yang paling bagus karena ini adalah salah satu cara mencari backlink berkualitas yang hingga kini masih terus memiliki efek yang sangat besar dalam meningkatkan kualitas SEO sebuah blog. Mengapa demikian? Karena dengan direview maka backlink dari blogmu akan diletakkan dalam artikel yang mana ini adalah salah satu cara terbaik dalam menanam link, apalagi anchor text dari link dalam artikel tersebut sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan, tentunya akan lebih powerful dan kuat sekali dalam mengangkat ranking blogmu. Belum lagi jika yang mereviw adalah orang yang jago teknik seo, sudah pasti artikel tersebut akan dioptimasi sehingga cepat atau lambat akan mengangkat ranking blogmu. Bayangkan kalau dalam sebulan kamu bisa menggunakan 3 kali jasa seperti ini dan dengan blog yang berbeda-beda, tidak diragukan lagi bagaimana kuatnya blogmu dalam bersaing dengan website para master seo. Untuk saat ini harga jasa review website atau blog antara 50ribu hingga 300ribu, tergantung kebijakan masing-masing pemilik web dan juga kualitas dari webnya. Dan kalau ada yang mau menggunakan jasa review Caraspot cukup bayar 300ribu saja sudah cukup.
2.  Menjadi Penulis Tamu
Penulis tamu atau Guest Post dalam bahasa inggrisnya, yaitu pengunjung blog yang ikut menyumbangkan tulisannya pada blog orang lain dengan imbalan diberi credit berupa backlink yang tertanam secara permanen pada tulisan yang ia buat tersebut. Efek dari backlink ini hampir sama kuatnya dengan jalan review di atas, hanya saja kalau yang di atas kita harus bayar, di sini tidak karena yang menulis artikelnya kita sendiri dan memang si pemilik blog membutuhkan tulisan kita. Hanya saja untuk bisa mendongkrak SEO-nya kita harus melakukan optimasi sendiri karena jika tidak, link yang kita pasang juga akan biasa-biasa saja.
3.  Membangun Dummy blog sendiri
kami kira tak ada master SEO yang tak melakukan ini, dan bahkan semua jasa SEO yang menawarkan jasa optimasi ranking juga melakukan teknik ini. Dummy artinya bayangan, jadi kita buat blog yang bukan untuk tujuan seperti blog utama kita yang mana dibuat hanya untuk menanam backlink di dalamnya yang kemudian dioptimasi agar jika rankingnya semakin naik maka otomatis akan mengangkat ranking blog utama kita juga. Ya bentuknya kurang lebih sama dengan jasa review di atas hanya saja blognya kita buat sendiri dan jadi miliki kita juga untuk selamanya, jadi tidak perlu bayar. Hanya saja dalam metode ini anda harus tau betul bagaimana cara menulis artikel yang SEO Friendly, karena jika tidak tetap saja kurang berpengaruh pada ranking webAnda bisa menggunakan layanan blog gratis seperti blogger, wordpress, tumblr, dan mywapblog dan lain sebagainya.
Terus terang penulis tidak menemukan yang lainnya lagi soal Tips Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas atau Cara Membuat Backlink yang Aman untuk Meningkatkan Ranking Blog ini, karena selama ini penulis hanya melakukan ini dan bisa berhasil hingga sekarang. Intinya dalam SEO adalah ketekunan dan kerja keras yang dibarengi dengan konsistensi. Jangan menyerah jika gagal, lakukan terus hingga bisa dan semua lawan-lawanmu takluk.
Cara Optimasi Website Untuk Mesin Pencari
Sudah sering kita mendengarkan tentang istilah dari optimasi website untuk mesin pencari, dalam kaitan hal ini memang optimasi adalah salah satu hal sebagai pedoman dasar untuk SEO website atau blog. istilah optimasi merupakan salah satu kata yang harus kita usahakan atau di upayakan untuk tujuan tertentu. namun kali ini kita membahas tentang bagaimana cara optimasi website untuk mesin pencari. hal ini sangat penting sebab untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung dari lalu lintas mesin pencari salah satu cara adalah dengan optimasi website. pasti anda sudah sering mendengar kata SEO ? iya seo adalah search engine optimisme → rujuk tentang arti seo. yang di sebut-sebut untuk salah satu cara agar blog atau website bisa dijangkau oleh pengguna internet. dalam kaitan hal ini kami berbagi pengalaman tentang optimasi website untuk mesin pencari, supaya website anda yang kini belum menjangkau semua pengguna internet kini bisa terjangkau. berikut ini beberapa langkah yang harus anda lakukan optimasi website untuk mesin pencari.

Cara Optimasi Website Untuk Mesin Pencari

Yang harus anda lakukan pertama adalah menulis konten atau artikel. dalam hal ini konten adalah raja dan kedudukan konten masih nomor satu untuk mesin pencari dan pengguna. bila anda sekarang ini masih belum optimasi website dengan konten kini saatnya anda untuk menulis untuk website anda. sampai kapan pun itu konten adalah raja, hal yang harus anda lakukan setelah publikasi konten adalah:
Mengirim artikel konten ke media sosial seperti twitter, facebook dan google plus. media sosial ini adalah ladang untuk menarik pengunjung ke halaman website anda dan ini merupakan langkah mudah untuk optimasi website.
Mengirim Konten ke Sosial Bookmark adalah langkah yang kedua bisa anda lakukan, banyak sekali sosial bookmark yang bisa anda gunakan. misalnya Delicious, Digg dan masih banyak lagi, jangan lupa untuk mengirim ke sosial bookmark lokal. ini salah satu cara optimasi website.
Menulis konten yang unik dan fresh adalah salah satu cara optimasi website untuk mesin pencari. usahakan dalam menulis mempunyai judul yang relevan, keyword yang potensial dan atribut alt dalam gambar. sebagai salah satu langkah menerapkan optimasi seo onpage.

Bangun Link Building

Untuk yang kedua adalah menerapkan masalah link building. dalam hal ini membuat backlink berkualitas sangat disarankan untuk optimasi website. tujuan dari hal ini sebagai salah satu bentuk bahwa halaman anda mempunyai website yang saling terkait dari satu halaman ke halaman lain. dan hingga kini link building adalah salah satu cara untuk membangun strategi seo.
Untuk membangun link building yang baik seharusnya anda memperhatikan tentang link yang akan anda tanam, sebab banyak sekali website yang menggunakan teknik link building yang tidak relevan sehingga malah memperbutuk website mereka. untuk membangun link building silahkan baca strategi link building yang paling aman.

Membuat Internal Link

Internal link atau anchor teks adalah salah satu cara optimasi website untuk mesin pencari, fungsi dari internal link sendiri sangat banyak, selain mudah untuk menunjukkan pengunjung ke halaman yang masih terkait dengan konten yang dibaca, internal link juga berfungsi untuk memberitahu robot bot tentang halaman yang relevan.
Internal link juga bisa merujuk ke halaman website lain, namun dalam hal ini yang harus anda lakukan adalah dengan membuat intenal link yang sangat relevan dan website tersebut harus mempunyai reputasi yang baik bagi mesin pencari. hal ini juga akan mengangkat website anda untuk menuju halaman top pencarian. jadi fungsi internel link sangat penting untuk optimasi website.
Perhatikan Jumlah kata
Dalam strategi seo jumlah kata dalam postingan sangat berpengaruh di hasil pencarian. ini hal yang selalu dilupakan oleh pemilik website, dengan banyaknya artikel yang ditulis maka akan memberikan kesempatan untuk postingan anda berada di halaman pencarian. mungkin anda sudah membaca tentang semakin banyak artikel yang kita tulis maka akan meningkatkan kueri pencarian. ini sudah terbukti bahwa dengan memperkaya artikel maka kesempatan untuk menjadi top rank adalah dengan banyaknya kata dalam penulisan artikel.
Jumlah yang di rekomendasikan untuk optimsi website dalam kategori penulisan konten meinimal 300 kata untuk sekarang ini, yang berarti bila anda sudah menulis lebih banyak lagi maka akan membuat kedudukan website anda semakin baik di hasil pencarian dan peluang untuk masuk ke halaman satu sangat banyak juga. ini yang harus anda perhatikan tentang optimasi website dalam kategori artikel seo.

Hindari duplikat konten

Duplikat konten adalah hal yang paling buruk bagi website anda. anda bisa melihat berapa banyak duplikat konten pada website pada metrix yang ditunjukkan di webmaster. jika website anda sering menerima sinyal duplikat konten dan anda tidak menaggapi hal ini, kemungkinan besar konten yang anda tulis dengan jerih payah anda akan diturunkan dari serp. tentu hal ini tidak anda inginkan. untuk itu pastikan judul dan description selalu unik untuk menghindari duplikat konten. dan lagi-lagi ini adalah poin penting dalam optimasi website untuk mesin pencari.

Optimasi Halaman Website

Judul Postingan, Untuk optimasi website dari dalam hal yang harus anda perhatikan adalah membuat judul postingan yang unik dengan batasan huruf hanya sampai 70 huruf saja, untuk hal ini sebaiknya anda pertimbangkan untuk membuat judul posting. untuk membuat judul postingan yang baik anda bisa merujuk pada halaman cara membuat judul postingan berkualitas. maka anda akan semakin tahu bahwa judul postingan ini sangat penting untuk artikel anda.
Header Tag, Untuk membuat list yang baik anda bisa menggunakan atribut tag Header seperti H1, H2, H3, H4, H5 dan seterusnya. ini akan menunjukkan pada mesin pencari tentang beberapa list yang harus mereka crawling lebih dalam untuk menempatkan pada hasil pencarian yang paling relevan. ini salah satu dari cara optimasi website untuk mesin pencari.
Menerbarkan Keyword, Untuk berikutnya menebarkan kata kunci atau keyword dalam artikel anda. ini hal yang harus anda lakukan supaya mesin pencari lebih tahu tentang apa yang anda sedang bahas dalam artikel anda. hingga sekarang praktek yang terbaik selalu mengacu pada penerapan keyword density, kisaran kata kunci atau kepadatan kata kunci yang baik adalah 2% hingga 3,5% untuk mesin pencari. anda bisa merujuk ke halaman cara menerapkan kata kunci dalam postingan.
Cuplikan konten atau sering dikatakn meta description adalah salah satu cara untuk optimasi website pada mesin pencari. fungsi utama meta description tidak lain sebagai salah satu cara bagaimana potongan konten di tampilkan dalam halaman pencarian. aturan seo yang harus anda terapkan untuk menggunakan meta description yang baik adalah sebanyak 156 huruf. untuk itu maksimalkan potongan description ini sebaik mungkin dan jangan lupa untuk menempatkan kata kunci di dalamnya.
Membuat Navigasi Internal Link, Setiap halaman website anda harus berisi link ke setiap halaman lain sehingga spider mesin pencari dapat menemukan setiap halaman dalam website anda yang lain. Ini merupakan langkah penting untuk pengindeksan yang tepat peringkat halaman anda dan ini harus anda lakukan untuk optimasi website.
Memiliki Peta Situs / Sitemap XML Format, Sangat penting untuk menggunakan 2 peta situs untuk website anda yakni versi XML dan versi statis. Versi XML dapat dibuat oleh generator sitemap tool seperti http://www.xml-sitemaps.com . dan sitemap ini kemudian harus diserahkan ke Google Webmaster Tools untuk situs tersebut. Hal ini akan membantu robot bot dalam merayapi website anda. dan untuk versi statis anda harus membuat halaman HTML yang berisi link ke setiap halaman. selain itu anda juga harus mencantumkan sitemap xml pada file robot text. ini merupakan langkah terakhir untuk optimasi website.
Itulah langkah-langkah cara optimasi website untuk mesin pencari. panduan ini ditujukan untuk anda yang ingin mengenal dan menerapkan langkah tentang optimasi seo untuk website. jika anda kesulitan dengan apa yang kami sampaikan anda bisa bertanya langsung dengan kami melalui email team@solodesain.com dengan senang hati kami akan menjawab pertanyaan anda. semoga artikel tentang optimasi website untuk mesin pencari ini memberikan manfaat untuk anda.
shadow_center

Layanan Solo Desain :

0 komentar:

Posting Komentar